AEC Perhotelan

Jumat, 06 Maret 2020

Bekerja sama dengan kolega / materi Food and Beverage service - 085204888418


BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN
1.     Berkomunikasi di tempat kerja.
Proses komunikasi merupakan aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan ini, tidak terkecuali dalam melaksanakan aktivitas di tempat kerja. Tanpa komunikasi yang baik ,hidup dan bekerja tidak akan pernah efektif.
Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang banker yang baik adalah cakap melakukan  “ komunikasi di tempat kerja”. Hal tesebut meliputi berbagai aktivitas, seperti mengumpulkan, mencatat, mengirimkan data, menyampakan informasi untuk memenuhi kebutuhan tempat kerja, dan menanggapi masalah dan bekerja sama dengan rekan kerja ataupun pihak lainnya, oleh karena itu, sebelum membahas berbagai hal tentang aspek perbankan secar umum maka dalam makalah ini akan terlebih dahulu dibahas konseep komunikasi dan bagaimana melaksanakannya secara efektif.
1.2 Tujuan Pembahasan
Dengan mempelajari bahasan dalam makalan ini, pembaca modul diharapkan mampu :
  • 1    Menjelaskan pengertian dan manfaat komunikasi ditempat kerja;
  • 2.      Memahami bagaimana proses komunikasi terj
  • 3.      Mnjelaskan unsure dan jenis komunikasi
  • 4.      Memahami dengan baik bagaimana melaksanakan komunikasi yang efektif;
  • 5.      Menjelaskan hambatan dalam komunikasi
  • 6.      Memahami bagaimana berbicara dan mendengengar efektif;
1.3 Manfaat komunikasi di tempat kerja
Komunkasi adalah upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informaso dan sebagainya, agar diketahui atau dipahami oleh orang lain. Longman, mendefinisikan “komunikasi” sebagai to make opinions, feelings, information, etc. lebih jauh lagi, proses komunikasi merupakan suatu keterampilan atau kemampuan untuk mengungkapkan keinginan, ide, perasaam, pikiran, atau pendapat seseorang sehngga dapat mengerti dan dimengerti oleh orang lain. Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, tidak dapat disangkal bahwa komunikasi yang efektif di tempat kerja sangat penting, mengingat bahwa dalam sebuah perusahaan terdapat banyak orang dengan berbagai latar belakan social dan pendidikan serta karakter berbeda yang bekerja dengan tujuan yang sama.
           
Secara umum, manfaat komunikasi di tempat kerja bagi karyawan, antara lain :
1.      Dapat  memperoleh keterangan atau informasi yang diperlukan dala pelaksanaan pekerjaan
2.      Dapat mewujudkan kerja sama antarpersonel di tempat kerja dalam rangka pelaksaan tugas;
3.      Dapat memudahkan dalam pengembalian keputusan;
4.      Dapat  memudahkan dalam  penyampaian kebijakan, peraturan, ataupun ketentuan yang berlaku di tempat kerja.
5.      Dapat meningkatkan nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan di tempat kerja
6.      Dapat memudahkan karyawan mauupun pimpinan dala mengakses perkembangan ilmu dan teknologi.
Pada akhirnya, bagi organisasi, porses komunikasi yang efektif dapat memberikan berbagai manfaat, berikut beberapa diantaranya :

1. Menciptakan kepuasaan kerja
Perusahaan seharusnya mendorong lingkungan untuk melakukan korespondensi yang terbuka dan mudah antara manajer dengan bawahan. Jika lingkungan kerja kondusif, bersahabat, dan ramah di mana bawahan didorong untuk mengomunikasikan ide-ide inovasi mereka tentang pekerjaan kemudian diberikan umpan balik yang positif, akan tumbuh suasana kerja yang sagat baik yang dapat mmemotivasi seluruh personel. Semua karyawan akan merasa dihargai. Dengan demikian, komunkasi yang efektif di tempat kerja membantu dalam membangun loyalitas dan kepercayaan, yang pada akhirnya akan menghasilkan kepuasan kerja yang lebih besar.
2.      Menyelesaikan konflik
Komunikasi yang terbukan di tempat kerja dapat membantu mencegarh timbulnya konfilk dan menyelesaikan konflik yang terjadi. Sebagai contoh : perselisihan antara dua orang karyawan  karena memiliki ketidaksetujuan akan hal tertentu akibat berbeda pandangan, akan lebih mudah diatasi melalui diskusi dan komunikasi bersama.

3.      Meningkatkan produktifitas.
 Komunikasi yang efektif di tempat kerja merupakan hal yang penting bagi keberhasilan sebuah perusahaan, setiap perusahaan tentunya memiliki tujan bisnis, visim dan misi. Hal tersebut harus dapat dikomunikasi kepada seluruh pegawai dengan jelas dan dipastikan bahwa mereka dansemua pihak yang terlibat dalam perusahaan menuju tujuan yang sama. Untuk itu, diperlukan proses komunikasi yang efektif antara perusahaan dengan karyawan, dan atasan dengan bawahan, sehingga  produktifitas dapat dicapai dan meningkat.
1.2  Memberikan bantuan untuk tamu internal dan eksternal
antara lain sebagai  berikut :
a.       Greeting, salam yang baik dan hormat dengan  penuh perhatian.
b.      Setiap tamu yang meamasuki dining room harus diterima oleh head waiter atau captain dengan  ramah dan  menyenangkan serta diantarkan ketempat duduk dengan sopan.
Pemilihan tempat duduk hendaknya dilakukan dengan mengingat kesenangan / keinginan tamu yang bersangkutan terutama tamu wanita. Harus membagi-bagi stasion secara merata tetapi jangan sampai lupa agar dalam penempatan para tamu itu menanyakan pada tamu itu menanyakan pada tamu yang bersangkutan apakah ia sudah senang dengaii mejatersebut.
c.       Bila tamu tidak dapat tempat duduk berhubung padatnya tempat, maka tamu tersebut harus disuggest agar tamu bisa menunggu di bar sampai ada meja yang kosong. Ataupun dengan cara yang lain agar tamu tidak kecewa dan restaurant tidak kehilangan customer.
d.      Mendudukkan tamu:
-          Menarik kursi :   I.   anak 2 s/d 8 tahun
                                                           II.   Invalids
                                                           III.  Tertua
                                                           IV.  Tamu penting
                                                           V.   Ladies
e.       Mempersilahkan tamu duduk.
f.       Mendorong kursi (perlahan) ke arah dalam saat tamu akan duduk.
g.      Waiter/waitress mengisi air es.
h.      Captain menyerahkan menu kepada tamu hendaknya dia menanyakan dengan cara yang sopan, apakah sekiranya tamu mau memesan apperitive atau cocktail lebih dulu. tamu hendaknya diberi waktu yang cukup untuk mempelajari menu dan jangan membuat tamu tergesa-gesa untuk menyampaikan pesanannya.
Order hendaknya diambil oleh captain dengan sopan dan menyenangkan sebagai penjual yang baik, yang bisa menumbuhkan selera bagi tamu, agar tamu mau memesan jenis , makanan/minumanyang ingin kitadijual. Hendaknya dihindari cara-cara memaksa tamu atau menonjolkan Hidangan dengan hanya menyerahkan makanan yang mahal - mahal saja.
Adalah tugas captain disini untuk membantu tamu menentukan pilihannya, agar tamu tersebut puas dengan apa yang telah dipilihnya.
i.        Menyerahkan menu dalam keadaan terbuka dari sebelah kanan tamu, jikalau berdua maka penyerahan menu dilakukan terhadap wanita.
j.        Menulis order pada order slip dari sebelah kanan tamu
k.      Jikalau berdua Pria dahulu (penawaran pertama untuk penyusunan menu terkecuali atas permintaan tamu untuk mendahulukan si wanita). Lebih dari dua orang:

                                                       I.            Host atau Boss duluan.
                                                    II.            Wanita muda diantara tamu (setengah umur).
                                                 III.            Pria muda diantara tamu (setangah umur).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Etika Seorang Front Office: Kunci Menjadi Profesional di Dunia Perhotelan

Etika Seorang Front Office: Kunci Menjadi Profesional di Dunia Perhotelan Pendahuluan Dalam dunia perhotelan, bagian Front Office adalah wa...