AEC Perhotelan

Rabu, 29 Juli 2020

FUNGSI DAN TANGGUNG JAWAB

Food & Beverage Department, itau bagian makanan dan minuman, adalah suatu bagian yang terbcill ki-dua di suatu hotel setelah bagian kamar-kamar.


Di sampinj mi mpunyal fungsi sebagai sarana pelengkap utama disehuah hotel, btgltn makanan dan minuman ini mempunyai peranan yanganuii pmlingdnii scgi sumberpendapatan hotel. Apabila bagian ini dikelola lectra profesional maka ia akan mendatangkan keuntungan yang tidak scdikit. Dan tidak jarang, hasil penjualan makanan dan minuman darl suatu hotel hampir sebanding dengan hasil penjualan kamamya, dalam mana bagian ini merupakan sarana yang mutlakharusdisediakanhotel untukdapatdikategorikanke dalam hotel berbintang. Si-dangkan untuk Hotel Bunga Melati, apabila memungkinkan maka hendaknya fasilitasnya atau operasinya dapat dilengkapi dengan pelayanan makanan dan minuman untuk memperolch hasil yang lumayan.

Bagian makanan dan minuman ini, jikalaudiperhatikan mempunyai tiga kelompok besar, yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Namun kegiatan yang ada di dalamnya memerlukan pengendalian dan pengawasan secara khusus disamping ketrampilan yang dimiliki juga harus secara khusus. Oleh sebab itu, maka penulis mencoba memecah pemahaman setiap bidang melalui penjelasan yang terpisah bersamaan dengan buku ini, yaitu:

* 1) Food & Beverage product (dasar-dasar tata boga)

*2) Purchasing (bagian pembeliandipembukuan)

*3) Food & Beverage Services (tata hidang)

Sehingga didalam buku khusus tata hidang ini akan sering serta banyak keterkaitannya dengan kedua kelompok lainnya, yang akan selalu ada dalam penjelasan untuk pemahaman yang dimaksud. Tata Hidangan yang di dalam bahasa Inggris disebut "Food and Beverage  Service"   adalah   bagian  yang  bertanggung jawab  atas pelayanan makanan dan minuman di hotel. Bagian Tata Hidangan mempunyai fungsi yang amat penting.di dalam departemen makanan dan minuman di hotel, karena bagian inilah yang berhubungan secara langsung dengan tamu-tamu pembeli. Yang lebih jauh lagi boleh dikatakan bagian ini dapat mengangkat citra hotel apabila dapat melakukan pelayanan makanan dan minuman yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Etika Seorang Front Office: Kunci Menjadi Profesional di Dunia Perhotelan

Etika Seorang Front Office: Kunci Menjadi Profesional di Dunia Perhotelan Pendahuluan Dalam dunia perhotelan, bagian Front Office adalah wa...